Langsung ke konten utama

Founder Blog Dialog Mom

Siapa sih Founder Blog Dialog Mom?

Bismillah, saya Rahma yang sejak awal masuk kuliah sudah hobby menulis, tepatnya di bidang karya tulis ilmiah. Setelah menjadi pendamping hidup suami, rasanya ingin melanjutkan hobby menulis saya melalui blog ini. Tujuan lainnya juga untuk dapat berbagi dengan mom ataupun orang lain dari tulisan yang saya bagikan. Oh iya, sedikit kilas balik tentang saya yang hingga saat ini masih belajar juga ya mom.

Salah satu alasan saya suka menulis karena dengan menulis jadi bisa jalan-jalan juga nih mom. hehe.

Pendidikan:
SD Inpres 3/77 Masago, Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone (2002-2008)
SMP Negeri 2 Salomekko, Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone (2008-2011)
SMA Negeri 1 Kahu, Kecamatan Kahu Kabupaten Bone (2011-2014)
Pendidikan Biologi ICP Universitas Negeri Makassar (2014-2018), 
sekarang sementara melanjutkan program magister di jurusan dan universitas yang sama.
Pengalaman:
Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Unej Creative Competition, oleh UKM Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (UKM Pelita) Universitas Jember (2015)
Semifinalis Indonesia Research Competition 2nd Indonesia Statistics Conference and Olympiad, oleh Ikatan Perstatistikan Indonesia bekerja sama dengan Program Studi Statistika Universitas Gadjah Mada dan Jurusan Statistika Universitas Islam Indonesia (2016)
Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dalam kegiatan Wisata Pendidikan Nasional oleh Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar (2016)
Mahasiswi Berprestasi I Tingkat Universitas, oleh Rektor Universitas Negeri Makassar (2017)
Pemudi Prestasi I pada Pekan Raya Pemuda Sulawesi Selatan, oleh Forum Kreativitas Pemuda Sulawesi Selatan (2017)
Juara Harapan I Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori Mahasiswa se-Indonesia pada kegiatan MIPA OPEN and EXPOSITION Universitas Negeri Makassar (2017)
Juri Essay Competition, Oleh Inovator Nusantara (2018)
Juri Lomba Olimpiade IPA Tingkat SMP Se-Sulawesi Selatan Barat pada kegiatan ISC (Integrated Science Competition) Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar (2018)
Prosiding:
Uji Aktivitas Ekstrak Daun Tanaman Cemba (Acacia Pennata L. Wild.) Menggunakan Metode Maserasi dalam Menghambat Pertumbuhan Bakteri Patogen Eschericia coli and Staphylococcus aureus, oleh Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia, Universitas Islam Indonesia (2016)
Publikasi:
OBINO (Onet Binomial Nomenclature). Researchfora: www.iraj.in/journal/IJSCAI/paper_detail.php?paper_id=7957&name=Obino_(Onet_Binomial_Nomenclature), International 
Journal of Soft Computing and Artificial Intelligence di Singapura (2017)
CARBED (Carrot Bread) sebagai Sayuran Instan untuk Anak Kekurangan Vitamin A, http://jurnal.polban.ac.id/index.php/proceeding/article/view/708/pdf, Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS) di Bandung (2017)
Pengalaman Organisasi:
Staf Divisi Penelitian dan Pengembangan, oleh LPM Penalaran UNM (2015-2016)
Mentor KOMA Youth Collaboration (2017)
Sekretaris I kegiatan Great Indonesian Leaders Summit (GILS) 2017 tingkat Nasional, oleh Inovator Nusantara (2017)
Bendahara Pusat Inovator Nusantara (2017-2019)
Pemakalah:
Pemakalah pada kegaitan Penelitian, Pengembangan, dan Inovasi untuk Mendukung Kemandirian Industri Nasional dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa, oleh UPPM Politeknik Negeri Bandung (2017)
Pemakalah International Conference on Recent Innovations in Engineering and Technology, oleh Researchfora di Singapura (2017) 
Pemateri:
Pemateri kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI), oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar (2017)
Pemateri kegiatan Roadshow Great Indonesian Leaders Summit (GILS) oleh Inovator Nusantara Sulawesi Selatan (2017)
Pemateri dalam kegiatan “Capacity Building” oleh Kawan Bangsa (2018)
Pemateri kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, oleh Politeknik Kesehatan Makassar (2018)
Pemateri kegiatan English Camp by The Theme Dare to Struggie to Conquer Your English, oleh Bilingual Meeting Club (BMC) (2018)

      Sedikit tambahan mom, selain jadi ibu RT saya juga sementara belajar jadi penulis buku. Adapun buku saya yang sudah terbit, yaitu: 
Buku FLORA Angiospermae oleh Ellunar Publisher. Buku ini juga sudah tersedia di google playbook ya mom. Berikut linknya:

Buku Caraku Memilihmu hingga Aku, Kamu Jadi KITA by Ellunar juga sudah terbit nih mom. Buku ini juga bisa mom dapatkan di google playbook ya. Aku cantumin liknya di bawah buat mom:

Selamat membaca 😁🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkenalan dengan Dialog Mom

Yuk Mom Berkenalan dengan "Dialog Mom " Hai mom, salam kenal dan terima kasih sudah berkenan untuk membaca tulisan ini. Tujuan dari blog ini sebagai bentuk keinginan saya untuk berbagi pengalaman dengan mom terkait pernikahan, pejuang garis dua dan merawat bonding pernikahan.  Sesuai tag line dari blog ini: Talk ; Bagaimana mom berani untuk berbicara tentang apa saja yang lagi atau pernah dihadapi selama menyandang gelar sebagai mom, baik tentang  pernikahan, pejuang garis dua dan merawat bonding pernikahan . Share ; Bagaimana kepedulian mom untuk berbagi pengalaman dengan mom lainnya tentang  pernikahan, pejuang garis dua dan merawat bonding pernikahan. Hug ; Bagaimana mom bisa saling merangkul dan menguatkan atas semua yang lagi atau pernah dialami selama memasuki bahtera rumah tangga.    Jadi, nantinya mom bisa saling bertukar pikiran melalui blog ini. Semoga dengan "dialog mom" kita bisa berbagi ilmu dan bisa bermanfaat untuk semua mom.  Salam, F...

Pacaran Islami atau Taarufan

Pacaran Islami atau Taarufan? “Mau gak jadi pacar aku? Aku ada niat serius kok, tenang aja”. Jangan sampai terhasut dengan omongan seperti itu. Coba dipikirin berapa banyak orang yang tau kalau pacaran itu gak boleh dalam Islam, tapi masih aja dijalanin. Alasannya pun beragam, ada yang sudah cocok banget, sudah bareng bertahun-tahun, dan masih banyak lagi. Orang yang serius itu gak bakalan mengajak untuk pacaran, tapi menikah. Kalau alasannya mau saling mengenal dulu ya jalannya salah, kan ada Ta’aruf yang syarat dan tata caranya pun sudah sangat jelas.  Ingat, pacaran sebelum nikah itu gak ada jaminan bakalan bahagia setelah menikah. Sadar gak sadar selama pacaran mungkin diperlihatkan semua yang baiknya, buruknya disembunyiin. Alasannya gak lain agar selalu jadi yang terbaik. Okay, jika masih mau bertahan untuk pacaran dengan alasan mau menikah dua atau tiga tahun ke depan (waktunya bisa dipakai nyicil barang gak sih, hehe). Coba dipikirin, siapa sih yang bisa pegang janji seseo...