Pacaran Islami atau Taarufan?
“Mau gak jadi pacar aku? Aku ada niat serius
kok, tenang aja”.
Jangan
sampai terhasut dengan omongan seperti itu. Coba dipikirin berapa
banyak orang yang tau kalau pacaran itu gak boleh dalam Islam, tapi masih aja
dijalanin. Alasannya pun beragam, ada yang sudah cocok banget, sudah bareng
bertahun-tahun, dan masih banyak lagi. Orang yang serius itu gak bakalan
mengajak untuk pacaran, tapi menikah. Kalau alasannya mau saling mengenal
dulu ya jalannya salah, kan ada Ta’aruf
yang syarat dan tata caranya pun sudah sangat jelas.
Ingat,
pacaran sebelum nikah itu gak ada jaminan bakalan bahagia setelah menikah.
Sadar gak sadar selama pacaran mungkin diperlihatkan semua yang baiknya,
buruknya disembunyiin. Alasannya gak lain agar selalu jadi yang terbaik. Okay, jika masih mau bertahan untuk pacaran dengan alasan mau
menikah dua atau tiga tahun ke depan (waktunya bisa dipakai nyicil barang
gak sih, hehe). Coba dipikirin, siapa sih yang bisa pegang janji seseorang
apalagi hanya sebatas omongan (rawan banget). Di sisi lain juga banyak ruginya:
- Waktu. Meskipun lagi sibuk-sibuknya, misal lagi kerja tapi karena statusnya adalah pacar, pasti bakalan diselipin waktu yang mungkin saja bisa buat tugas atau pekerjaan kamu tertunda. Lumayan banget waktunya bisa dipakai untuk hal produktif.
- Tenaga. Selama pacaran pasti bakalan berusaha semaksimal mungkin untuk selalu ada buat dia. Gak mengenal jarak dan waktu pasti bakalan diusahain.
- Pikiran. Dikit-dikit mikirin dia, lagi ngapain ya, lagi dimana ya, lagi sama siapa ya?,. Ditambah kalau lagi ngambekan, pasti dipikirin banget tuh salahnya dimana sampai bisa marah ya? dan masih banyak lagi.
- Perasaan. Masih juga pacaran, sudah saling baperan. Marah/cemburu/kesal, padahal dia belum tentu jodoh kamu nantinya. Bayangin kalau ternyata selama ini kamu jagain jodoh orang.
- Biaya. Yakin deh pasti takut banget kehabisan kuota/pulsa soalnya harus saling ngabarin tiap hari bahkan tiap jam, ditambah kalau ngedate pasti malu kalau gak gantian traktir satu sama lain entah itu nonton atau ngemil. Itu semua juga butuh uang transport kan. Kalau pakai duit sendiri sih gak apa-apa, tapi kalau pakai duit orangtua? Hehe.
Btw,
ini nulisnya gak sambil ngegas ya. Jadi, bacanya santai aja sambil dipikirin
benar apa benarnya. Semoga dengan tulisan ini ada manfaat yang bisa diambil.
Jangan lupa kalau ada tambahan, boleh isi di kolom komentar, terima kasih :).

Komentar
Posting Komentar